PENGARUH PENDIDIKAN TEMAN SEBAYA TERHADAP TINGKAT PENGETAHUAN DAN KETERAMPILAN SADARI PADA REMAJA PUTRI DI SMK NEGERI 5 SEMARANG

Authors

Abstract

ABSTRAK

Kesadaran masyarakat dalam melakukan SADARI di Indonesia masih sangat rendah (46,3%) terutama pada remaja putri yang masih awam dengan pemeriksaan SADARI. Hal tersebut dikarenakan kurangnya pengetahuan dan juga keterampilan dalam melakukan SADARI. Tujuan penelitian ini untuk engetahui apakah ada Pengaruh Pendidikan Teman Sebaya Terhadap Tingkat Pengetahuan Dan Keterampilan SADARI Pada Remaja Putri di SMK Negeri 5 Semarang. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan rancangan penelitian pre eksperimen. Pendekatan yang digunakan one group pre test-post test with control group design. Penelitian ini menggunakan dua kelompok yaitu kelompok intervensi yang diberikan Pendidikan teman sebaya menggunakan media audio visual dan kelompok control yang diberikan hanya menggunakan leaflet hasil uji statistic menggunakan Wilcoxon Signed rank test serta menggunakan uji mann withney untuk mengetahui perbedaan, sebanyak 48 responden mengalami peningkatan skor tingkat pengetahuan setelah dilakukan intervensi berupa diberikan Pendidikan teman sebaya dibandingkan sebelum dilakukan intervensi, serta terdapat 6 responden yang memiliki nilai yang sama atau tidak mengalami perubahan skor pengetahuan sebelum dan sesudah dilakukan intervensi berupa Pendidikan teman sebaya. didapatkan nilai P value 0,000 0.05. Sehingga dapat disimpulkan H0 ditolak yang artinya terdapat pengaruh Pendidikan Teman Sebaya Terhadap Tingkat Pengetahuan Dan Keterampilan SADARI Pada Remaja Putri Di SMK Negeri 5 Semarang. Hasil penelitian ini diharapkan mampu mengaktifkan kembali kelompok teman sebaya sehingga pemberian edukasi oleh pendidik teman sebaya tentang SADARI dapat tersosialisakan pada seluruh siswi di SMK Negeri 5 Semarang.

 

Kata kunci                   : Keterampilan, Pendidikan Teman Sebaya, SADARI, Tingkat

  Pengetahuan

Daftar pustaka             : 49 (2016-2023)

References

Andriyan, A., Murni, A., & Fatmadona, R. (2020). Pendidikan teman sebaya meningkatkan pengetahuan dan sikap remaja putri. Jurnal Keperawatan Jiwa, 8(4), 451–460.

Cahyanti, D., Rahmayani, A., & Husniar, S. A. (2020). Analisis performa metode Knn pada Dataset pasien pengidap Kanker Payudara. Indonesian Journal of Data and Science, 1(2), 39–43. https://doi.org/10.33096/ijodas.v1i2.13

Fauziah, L. S. (2019). Pengaruh Pendidikan Kesehatan Melalui Peer Group terhadap Pengetahuan dan Sikap Remaja Putri Tentang SADARI. Jurnal Kesehatan, 10(2), 142–150.

Globocan. (2020). Cancer Incident in Indonesia. International Agency for Research on Cancer, 858, 1–2. https://gco.iarc.fr/today/data/factsheets/populations/360-indonesia-fact-sheets.pdf

Pamungkas, A. Y. F., Budi, Y. S., Seftianingtyas, W. N., Salanti, P., Devi, T. E. R., Muninggar, M., Hakiki, M., Amin, M. Al, Rahmawati, A. N., Handayani, P. A., & Rudiyanto, R. (2023). Family support and coping strategies among female inmates: a cross-sectional study in penitentiaries. Healthcare in Low-Resource Settings. https://doi.org/10.4081/hls.2023.11736

Hilda Hazarani. (2022). pengaruh peer educator terhadap pengetahuan dan keterampilan remaja putri tentang sadari di sma negeri 02 kota bengkulu tahun 2022. 5(3), 248–253.

Junay, D., Lidya, F., & Andriyani. (2022). Pengetahuan Remaja Putri Terhadap Pemeriksaan Payudara Sendiri. 4(8.5.2017), 2003–2005. https://www.who.int/news-room/fact-sheets/detail/autism-spectrum-disorders

Marfuatin, Santoso, H., & Hanifah, A. N. (2021). Meningkatkan Keterampilan dan Perilaku Pemeriksaan Payudara Sendiri ( Sadari ) Menggunakan Media Whatsapp.

Novita Lusiana, Rika Andriyani, M. M. (2016). Buku ajar metodologi penelitian kebidanan.

Owa, K., Sekunda, M. S., & Budiana, I. (2020). Peer Group Education Meningkatkan Pengetahuan Dan Perilaku Sadari Remaja Putri SMAKN. MidwiferyJournal, 2(1), 27–35. https://media.neliti.com/media/publications/265367-pengaruh-penyuluhan-kesehatan-reproduksi-48e4eb3b.pdf

Owa, K., Sekunda, M. S., & Budiana, I. (2021). Efektifitas Pendidikan Kesehatan Metode Peer Group terhadap Peningkatan Pengetahuan dan Perilaku SADARI Remaja Putri. 6(1), 12–21.

Pratama, A. D. (2017). Peran Orang tua dan keteladanan guru dalam meningkatkan minat belajar siswa SMA Negeri 01 Wiradesa. 5(1), 1–8. https://ejournal.poltektegal.ac.id/index.php/siklus/article/view/298%0Ahttp://repositorio.unan.edu.ni/2986/1/5624.pdf%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.jana.2015.10.005%0Ahttp://www.biomedcentral.com/1471-2458/12/58%0Ahttp://ovidsp.ovid.com/ovidweb.cgi?T=JS&P

Salmiyah, I., Tahlil, T., Keperawatan, M., Keperawatan, F., Kuala, U. S., & Aceh, B. (2018). Pengaruh Pendidikan Sebaya Terhadap Pengetahuan , Sikap dan Keterampilan Siswi SMA tentang Pemeriksaan Payudara Sendiri ( SADARI ) The Effect of peer education on knowledge , attitudes , and practices upon breast self- examination ( BSE ) among the senior.

Sari, P., Sayuti, S., Ridwan, M., Rekiaddin, L. O., & Anisa, A. (2020). Hubungan antara Pengetahuan dan Dukungan Tenaga Kesehatan dengan Perilaku Pemeriksaan Payudara Sendiri (SADARI) pada Wanita Pasangan Usia Subur (PUS). Perilaku Dan Promosi Kesehatan: Indonesian Journal of Health Promotion and Behavior, 2(2), 31. https://doi.org/10.47034/ppk.v2i2.4132

Siyoto, S., & Sodik, A. (2016). Dasar Metodelogi Penelitian.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan.

Wijayanti, N., Triyanta, T., & Ani, N. (2020). Efektifitas Penyuluhan Kesehatan Sadari Dengan Media Video Terhadap Pengetahuan Pada Remaja Putri Di Smk Muhammadiyah Cawas Klaten. Jurnal Ilmu Kesehatan Masyarakat Berkala, 2(1), 49. https://doi.org/10.32585/jikemb.v2i1.816

Downloads

Published

2023-12-17

How to Cite

Malik, R. Z., Handayani, P. A., & Rusmiati. (2023). PENGARUH PENDIDIKAN TEMAN SEBAYA TERHADAP TINGKAT PENGETAHUAN DAN KETERAMPILAN SADARI PADA REMAJA PUTRI DI SMK NEGERI 5 SEMARANG. Community Health Nursing Journal, 1(2), 69–75. Retrieved from https://cmhn.pubmedia.id/index.php/cmhn/article/view/11

Issue

Section

Articles