HUBUNGAN DUKUNGAN KELUARGA DENGAN TINGKAT KECEMASAN PASIEN PRE OPERASI SECTIO CAESAREA

Authors

  • Sri Handayani ITS PKU Muhammadiyah Surakarta
  • Sudira ITS PKU Muhamamdiyah Surakarta
  • Sri Mintarsih ITS PKU Muhamamdiyah Surakarta

Abstract

Latar belakang: Dukungan keluarga yang baik akan mampu mengurangi kecemasan yang dihadapi oleh pasien pada saat akan menjalani tindakan operasi, hal ini perlu ditingkatkan sehingga mampu mengurangi beban psikologi yang dialami oleh pasien Dukungan keluarga mempunyai peranan penting sebagai upaya pencegahan dalam penurunan tingkat kecemasan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis hubungan dukungan keluarga dengan tingkat kecemasan pada pasien pre operasi sectio caesaria di Rumah Sakit JIH Solo kota Surakarta. Metode penelitian digunakan observasional analitik korelasional dengan pendekatan cross sectional. Populasi dalam penelitian merupakan pasien bedah sesar dengan teknik purposive sampling, digunakan sebanyak 28 pasien. Instrument penelitian berupa kuesioner dan riwayat pasien berdasarkan rekam medis bulan Januari 2023, dengan teknik analisis data univariat dan bivariat menggunakan uji korelasi dengan chi square. Hasil penelitian menunjukkan antara lain yaitu: Pasien bedah sesar sebagian besar memiliki dukungan keluarga dari 28 pasien sebanyak 18 (64%) mendapat dukungan keluarga. Tingkat kecemasan pasien sebagian besar dalam kondisi kecemasan berat sebanyak 10 (36%), dan sangat berat sebanyak 14 (50%). Kesimpulan: Terdapat hubungan antara dukungan keluarga dengan tingkat kecemasan pasien pre operasi sectio caesaria diruang kamar operasi RS JIH Solo.

Keywords

Dukungan keluarga, kecemasan, section caesarea

References

Ahsan, H. (2017). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kecemasan PreOperasi pada PasienSectio Caesarea Ruang Instalasi Bedah Sentral RSUD Kanjuruhan Kepanjen Kabupaten Malang. Malang: Jurnal Program

Ayuningtyas, D. Dkk. (2018). Analisis Situasi Kesehatan Mental pada Masyarakat di Indonesia dan Strategi Penanggulangannya. Jurnal Prodi Kesehatan Masyarakat UI. 9(1). 1-10.

Bachri, S., Cholid, Z., & Rochim A. (2017). Perbedaan Tingkat Kecemasan PasienBerdasarkan Usia, Jenis Kelamin, Tingkat Pendidikan dan Pengalaman Pencabutan Gigi Di RSGM FKG Universitas Jember. Jurnal Pustaka Kesehatan, Vol. 5, No. 1, Januari 2017.

Hawari, D. (2013). Manajemen Stres, Cemas, dan Depresi. Jakarta: FKUI.

Iis Hasmawa K. 2016. D. Politeknik, K. Kendari, and J. Keperawatan, “Identifikasi Tingkat Kecemasan Pada PasienPre Operasi Di Rumah Sakit Umum Bahteramas Sulawesi Tenggara Karya Tulis Ilmiah Sebagai Salah Satu Syarat Untuk Menyelesaikan Pendidikan Diploma Tiga (III).

Kadiyono dkk. 2021. “Family Resilience dalam Menghadapi Pandemi COVID-19 - Google Books. ” https://www. google. co. id/books/edition/FAMILY_RESILIENCE_dalam_Menghadapi_Pande/w5R SEAAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&dq=dukungan+keluarga+2028&pg=PA241&printsec=frontcover (accessed Sep. 15, 2022).

Nursalam. 2016. Metode Penelitian Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta

Octaviani Dita, (2019) perbedaan tingkat kecemasan dalam pemberian teknik relaksasi nafas dalam pada pasienpre operasi dengan teknik general anestesi dan spinal anestesi. Poltekkes Kemenkes Yogyakarta.

Pamungkas, A.Y.F. et al. (2023) ‘Family support and coping strategies among female inmates: a cross-sectional study in penitentiaries’, Healthcare in Low-resource Settings [Preprint]. Available at: https://doi.org/10.4081/hls.2023.11736.

Pawette, I., Pali, C., &Opod, H.(2013). Perbedaan tingkat kecemasan pada ibu pre sectio caesaria di RSKIA Kasih ibu dan RSUP.Prof .Dr.R.D.Kandou Manado Jurnal Kedokteran Komunitas dan Tropik.Volume 1 Nomer 3 Agustus 2013

Perdana, A., Firdaus, M. F., Kapuangan, C., & Khamelia. 2015. Uji Validitas Konstruksi dan Reliabilitas Instrumen The Amsterdam Pre Operative Anxiety and Information Scale (APAIS) Versi Indonesia. Jurnal Anesthesia & Critical Care. 33(1): 287-293.

Riskesdas T. Laporan Nasional RISKESDAS 2018 [Internet]. Jakarta; 2018. Available from: https://www. litbang. kemkes. go. id/laporan-riset-kesehatan-dasar-riskesdas/

Stuart dan Sundeen. 2013. Prinsip dan Praktik Keperawatan Psikiatrik. Jakarta: EGC.

Vellyana, D., Lestari, A., Rahmawati, A., (2016). Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Tingkat Kecemasan PasienPreoperative di RS Mitra Husada Pringsewu. Naskah publikasi: Lampung

WHO. (2019). World Health Statistics. Switzerland: Department of Reproductive Health and Research.

Yayasan Bina Pustaka Sarwono Prawirohardjo(2017), Buku Panduan Praktis Pelayanan Kesehatan.

Yanuar, A. and Pamungkas, F. (2019) ‘Hubungan Dukungan Sosial dengan Tingkat Stres pada Warga Binaan Pemasyarakatan Perempuan di Lembaga Pemasyarakatan’, 2(2), pp. 42–47.

Downloads

Published

2023-12-25

How to Cite

Sri Handayani, Sudira, & Sri Mintarsih. (2023). HUBUNGAN DUKUNGAN KELUARGA DENGAN TINGKAT KECEMASAN PASIEN PRE OPERASI SECTIO CAESAREA . Community Health Nursing Journal, 1(2), 84–92. Retrieved from https://cmhn.pubmedia.id/index.php/cmhn/article/view/19

Issue

Section

Articles